7 Arti Markah Jalan yang Wajib Anda Ketahui

Saat melintas di jalanan tentu saja kita sering lihat jenis markah jalan yang berbeda-beda, ada yang garis putus, lurus, garis kuning dan lain sebagainya. Sebelum membahar arti simbol markah jalan ini bagi anda yang belum tau apa itu markah jalan?

Nah Markah jalan adalah salah satu instrumen untuk menata para pemakai jalan, di samping lampu kemudian lintas dan papan tanda jalan.

Berikut di bawah ini arti dari beberapa simbol markah jalan yang wajib diketahui oleh para pengguna jalan.

1. Garis Putus-Putus

Markah jalan ini memiliki makna selain membagi lajur, garis tersebut mengizinkan para pengemudi untuk menyalip kendaraan di depannya. Tentu kita wajib melihat kondisi di arah sebaliknya sebelum melaju lebih kencang.

2. Garis utuh

Markah ini menginformasikan bahwa pengemudi dilarang menyusul kendaraan lain karena berbagai faktor, misal sempitnya badan jalan atau banyaknya kendaraan dari arah berlawanan. Lebih baik bersabar menyesuaikan kecepatan kendaraan di depan hingga tiba di kawasan yang memiliki garis putus-putus.

BACA JUGA :Apa Itu Sekring Warna-Warni? Berikut Penjelasan Dan Spesifikasinya

3. Garis Ganda Utuh

Fungsi antara garis ganda dan tunggal utuh ini pada dasarnya sama, yakni melarang kendaraan untuk menyusul. Penggunaan dua garis tanpa putus yang biasa terdapat di jalanan luar kota bermakna sangat beresiko bagi para pengemudi jika nekat menyusul, mengingat banyak kendaraan besar yang lalu lalang.

4. Garis Ganda Utuh dan Putus-Putus

Di beberapa tempat kita menemukan markah jalan dengan satu garis lurus dan satunya putus-putus. Saat mengemudi di sisi kiri garis utuh, kita dilarang memakan sisi jalan lainnya. Hanya pengguna jalan di garis putus-putus yang boleh menyusul.

BACA JUGA : Segini Ukuran Angin Ban Depan Belakang Motor Saat Hujan

5. Markah Serong

Untuk membantu pengemudi ambil posisi saat membelok, digunakanlah markah serong. Garis-garis serong yang membentuk huruf V tersebut merupakan ruang kosong untuk memisahkan antara kendaraan yang akan jalan lurus atau belok. Bila nekat masuk (biasanya karena ragu), biasanya akan ada tilang dari pihak polisi lalu lintas.

6. Markah Lambang

Selain garis, terdapat pula markah jalan berbentuk simbol. Pada daerah persimpangan, khususnya kawasan artileri, jalanan dibagi dua atau tiga area untuk memecah tujuan, apakah belok atau lurus. Ada pula berupa gambar, seperti pengendara sepeda, atau tulisan Zona Selamat Sekolah yang biasanya ramai dengan aktivitas siswa dan guru.

7. Markah Melintang

Biasa terdapat di dekat lampu lalu lintas, tanda ini mengisyaratkan kita untuk berhenti di belakangnya. Zebra cross umumnya terdapat beberapa centimeter di depan untuk memberi ruang bagi para pejalan kaki.

Itulah guys makna yang terkandung dalam simbol markah jalan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share and Like ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latihan Sheva Anela Ardiansyah di Amerika
Cuplikan Video Lucu – Harus Kuat Tahan Tawa
3 Pembalap Beradu Kecepatan di Grasstrack Lampung
Duel Sengit Adi Ceto VS Asep PKM Grand Final
Galeri Kopdar Isc Chapter Pekanbaru
New Mitsubishi Xpander Edisi Spesial IIMS 2019
Wajah Baru Mitsubishi L200 2019 Mirip Expander Kah?
Modifikasi Honda Brio “Berkaki 8”
Ada Kembaran Toyota Rush, Tapi Ini Lebih Mewah dan Sporty
Harga Honda CRF 150L Extreme Black 2019 Terupdate
Modifikasi Vespa Ini Ternyata Mendunia
Habis Rp 500 Juta, Modifikasi Honda Jazz Ini Bikin Ngiler Lihatnya